Rabu, 02 Mei 2012

Cara Alami Mengusir Tikus

Cara alami mengusir tikus tanpa alat dan obat-obatan | Tikus adalah binatang pengerat yang dianggap paling kuat bertahan sebagai hama di rumah selain kecoak dan semut. Mamalia satu ini memang hebat, sehingga seringkali kita kesulitan mengusirnya dari lingkungan rumah kita.

Tikus BesarSelain menjadi agen penyebar beberapa penyakit seperti pes dan disentri, tikus juga menjadi tertuduh utama untuk rusaknya peralatan di rumah. Sebagai binatang pengerat, tikus sering mengerat atau mengerikiti kabel, kursi, papan, almari, tidak jarang baju juga menjadi korban. Apalagi kalau terkena air kencingnya itu, hmm…. butuh beberapa botol penyegar ruangan untuk memulihkan kondisi segar dalam ruangan rumah kita. Nah, adakah cara mengusir tikus yang alami, tidak memakai obat-obatan kimia yang menyimpan bahaya? Ramah lingkungan? Dan tidak terlalu menerbitkan rasa bersalah kita sebagai sesama makhluk hidup? wkwkwk…

Sejak jaman dulu, orang sudah bermasalah dengan tikus ini. Maka, juga sudah ada banyak alat, obat, dan cara mengusir tikus dari rumah. Misalnya jebakan atau jepretan tikus itu. Mulai dari yang menjebak tikus tanpa membunuhnya sampai tipe jepretan yang kalau kena, anda akan disuguhi pemandangan ‘mengerikan’, entah kepala pecah, mocong patah, perut terburai, mata mencelat, dan sebagainya. Pokoknya tidak indah deh, saya memilih bentuk lain dech.

Mengusir tikus dengan racun tikus juga lebih sering mendatangkan masalah lain dari pada menyelesaikan masalahnya. Racun tikus tidak dengan serta merta membunuh tikus. Akibatnya, tikus bisa saja mati di tempat yang sempit dan sulit kita jangkau. Ketika tubuh matinya mulai membusuk, masalah kedua segera dimulai. Bau-nya itu bisa bikin seisi rumah berpuasa atau memilih makan diluar. Beberapa bahkan bisa muntah-muntah. Phew! Jadi ini juga bukan pilihan.

Di desa saya, kami punya cara agak unik, tapi lumayan sulit dilakukan, karena anda harus menjaga si tikus yang tertangkap tetap hidup sekaligus harus memegangnya. Ini sama sekali tidak mudah untuk beberapa orang. Kalau tergigit bisa demam. hehe…

Cara mereke begini: tangkap tikus hidup-hidup, kalau bisa usahakan si tikus tidak terluka dan kita dapat tikus yang sehat, masih muda, dan kuat. Macam cari calon tentara saja. Wkwkwk…. Kalau sudah dapat, pasangkan kelintingan yang biasa dipasang di kaki bayi itu di leher si tikus tangkapan yang akan kita jadikan tentara kita ini. Kalau sudah lepaskan. Hehe…. Si tikus tentara akan membuat teman-temannya menjauh karena takut dengan suara klintingannya. Cuman, pastikan suara klintingan tikus anda berbeda dengan suara klintingan tikus tetangga anda, jadi anda bisa mengenali tikus siapa yang sedang meronda. Hehehe….

Mengusir Tikus dengan daun Sirsak. Serius ini. Kog bisa daun sirsak mengusir tikus? Daun sirsak mengandung zat perangsang yang mengeluarkan aroma yang tidak disukai tikus. Sehingga tikus-tikus itu tidak lagi mendatangi rumah Anda. Cara ini selain ramah lingkungan juga bisa menimbulkan efek jera terhadap tikus-tikus tersebut. Begitu….

Caranya mudah kog, ambillah beberapa lembar daun sirsak. Yang muda ataupun yang tua sama saja. Taruhlah di sudut-sudut yang sering didatangi tikus, seperti di dapur, di bawah rak piring, atau di bawah meja kompor. Jika merasa sudah aman sampai daun itu mengering, bersihkanlah agar tidak terjadi penumpukan sampah.

Cara mengusir tikus dengan daun sirsak ini aman, ramah lingkungan, tidak punya efek buruk, anda juga tidak perlu bersinggungan dengan si den mas tikuse secara langsung. Kan? Silahkan dicoba….

Related Post:

4 komentar:

  1. Tikus memang menggemaskan, tidak hanya membawa kerugian materi namun juga estetika rumah kita...

    BalasHapus
  2. Wah, saya dibikin pusing dg tikus, tikus - tikus itu bersarang di wuwung bawah atap genting bersarang di sela sela kayu. saya kasih suara gelombang pengusir tikus juga tidak berhasil. kalau tikusnya bersarang di atas rumah spt itu gmn ngusirnya

    BalasHapus
  3. saya usul ada beberapa cara alami mengusir tikus ini seperti dengan menaruh kulit salak, kulit buah durian, atau bisa juga dengan buah mengkudu matang, efektif juga bikiin tikus kabur....mau tau caranya..mampir di blog saya ...

    BalasHapus
  4. Daun sirsak memang oke buat ngusir tikus.. Selain itu bisa juga pake peppermint/spearmint. :)

    BalasHapus

my favourite blogs