Minggu, 01 Juli 2012

Tips Menjaga Kamar Mandi Tetap Bersih: Cukup 5 Menit Per Hari

Menjaga kamar mandi tetap bersih terkadang semacam menjadi beban. Tidak cukup waktu adalah alasan yang paling sering muncul menjadi biang mengapa kamar mandi sampai kotor. Air dalam bak kotor, sisa sabun menempel di tembok, tumpahan sisa pasta gigi menempel dan berubah warna, noda kotoran di lantai kamar mandi, langit-langit kamar mandi dihiasi rumah laba-laba, dan sederet kotoran lain yang bisa anda tambahkan sendiri.

Apa betul kita tidak cukup punya waktu membersihkan kamar mandi di rumah kita sendiri? Kalau anda punya pembantu memang akan lain ceritanya. Kalau tidak ada pembantu bagaimana? Percayakah anda kalau anda cukup meluangkan waktu 5 menit saja per hari untuk menjaga kamar mandi anda tetap bersih?

kamar mandi kotorPerkirakan apa yang bisa anda lakukan di dalam kamar mandi selama 5 menit.

Sudah?

Nah, sekarang coba habiskan 5 menit itu tadi dengan melakukan seperti berikut ini:

  1. 1 menit pertama: bersihkan semua yang sekiranya tidak perlu ada di kamar mandi, seperti wadah shampoo botol atau sachet dan rambut di lubang pembuangan air. Supaya cepat, sediakan tempat sampah sebelumnya.
  2. 1 menit kedua: bersihkan seluruh permukaan kamar mandi, mulai dari tembok dan lantai.
  3. 1 menit ketiga: amati apa-apa yang belum bersih
  4. 1 menit keempat: bersihka kaca dan perabotan lain
  5. 1 menit terakhir: bersihkan yang lain

Pertanyaannya adalah cukupkah 1 menit untuk membersihkan lantai dan tembok? Cukup, kalau anda melakukannya setiap hari. Kotoran di lantai dan tembok kamar mandi menjadi sulit dibersihkan karena telah menempel lama. Kalau kotoran itu segera dibersihkan, anda bahkan tidak perlu menggunakan cairan pembersih apapun. Dan ini artinya penghematan yang lumayan loh.

Urutan di atas adalah urutan dasar saja. Tentu anda bisa mengubah urutannya sesuai dengan kehendak anda, atau bisa juga mengubah lamanya waktu setiap langkah. Intinya adalah 5 menit bukan waktu yang lama. Kalau kita bisa setiap hari menyempatkan diri membersihkan kamar mandi selama 5 menit saja, maka membersihkah kamar mandi tidak akan menjadi beban. Memang tetap paling tidak seminggu sekali kita harus menguras bak mandi. Tapi dengan menjaga kebersihan kamar mandi setiap hari, waktu yang digunakan untuk bersih-bersih besar menjadi bisa dikurangi. Itung-itung olah raga. Ada banyak orang dari kita yang harus dipaksa untuk berolah raga. Nah, dengan 5 menit membersihkan kamar mandi, kita juga paling tidak menggerakkan tubuh secara aktif selama 5 menit. Lumayan bukan?

Related Post:

2 komentar:

  1. thanks tips menjaga kamar mandi bersih

    BalasHapus
  2. sip gan artikelnya, memang yang terpenting adalah kebersihan kamar mandi baik itu mulai dari pintu kamar mandi sampai bagian dalamnya karena dengan kamar mandi yang bersih maka kenyamanan akan tercipta.

    BalasHapus

my favourite blogs